Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex    

Alat Kontrasepsi, bukan untuk Remaja

Silahkan Klik dulu tombol disamping ini :
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief menegaskan pihaknya tidak diberi mandat untuk melayani pemberian alat kontrasepsi bagi remaja atau mereka yang belum menikah.

“Agar remaja memahami apa itu program KB, BKKBN telah mengkampanyekan “Genre” yaitu generasi berencana. Melalui program Genre, remaja akan merencanakan kapan akan menikah, kalau sudah menikah merencanakan kapan siap melahirkan dan kapan akan berhenti melahirkan, dan berapa jarak antara anak pertama dan kedua,” kata Sugiri saat memberi kuliah umum tentang demografi kepada mahasiswa FISIP Universitas Indonesia, di Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Sugiri menegaskan, pelayanan kontrasepsi hanya diberikan bagi pasangan suami istri yang ingin mengatur kehamilannya. Kepada remaja atau mereka yang belum menikah, BKKBN memberikan sosialisasi dan advokasi soal kesehatan reproduksi. Melalui pengetahuan kesehatan reproduksi remaja akan mengetahui bahwa hubungan seksual pranikah dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan.

“Seringkali kehamilan yang tidak diinginkan itu digugurkan atau aborsi dan hubungan seks pranikah juga berisiko tertular penyakit HIV/AIDS, jika berganti-ganti pasangan. Jadi, remaja perlu mengetahui risiko perilaku seks bebas,” ujarnya.

Sosiolog Imam B Prasodjo yang juga menjadi dosen FISIP UI itu, pelayanan kontrasepsi bagi remaja sebaiknya tidak ada, karena hal itu seperti melegalkan liberalisasi seks. Namun, kenyataan di lapangan liberalisasi seks mengakibatkan banyak remaja yang belum menikah melakukan hubungan seks.

Hal ini menjadi dilematis, di satu sisi terjadi kehamilan yang tidak diinginkan yang seringkali terjadi aborsi, di sisi lain untuk mencegah kehamilan bisa menggunakan kondom, bahkan kondom pun sekaligus bisa mencegah penularan HIV/AIDS. “Jadi, BKKBN harus mengkampanyekan kesehatan reproduksi. Dan menyampaikan pesan-pesan penyebab dan risiko yang akan terjadi jika melakukan seks paranikah,” kata Imam.

BKKBN

Ditulis Oleh : Pusat Remaja YASEMA

Pusat Remaja YASEMA Terimakasih atas kunjungan sobat pada blog ini. Komentar tentang Alat Kontrasepsi, bukan untuk Remaja dapat sobat sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Sobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Berbagi itu bagian dari Ibadah :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))