Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex    

Tips Merawat Kesehatan Gigi Yang Berbehel

Silahkan Klik dulu tombol disamping ini :
Banyak yang berpendapat bahwa memakai kawat gigi atau behel itu membuat penampilan jadi tidak percaya diri dan membuat repot. Hal tersebut bisa dikatakan salah jika para pengguna behel tetap merawat kesehatan mulut dan giginya.

Saat ini kawat gigi memang sudah banyak digunakan banyak orang. Tujuannya adalah entah untuk sekedar bergaya saja atau membuat gigi jadi terlihat rapi.

Namun hal yang perlu diperhatikan bagi para pengguna behel adalah kesehatan gigi dan mulutnya. Jika tidak dirawat, maka bakteri akan terkumpul dan membuat penampilan jadi aneh. Agar para pengguna behel bisa tampil percaya diri, sebaiknya simak tips berikut ini :

  1. Mengunyah Ketika mengunyah, Anda harus memotong makanan tersebut dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar kawat gigi tidak cepat mengalami kerusakan dan tidak melukai bagian mulut Anda.
  2. Hindari makanan keras Anda disarankan untuk memakan makanan yang lunak saja. Konsumsilah buah yang lunak, seperti pisang, pepaya, dan semangka. Selain itu, makanan lain yang bisa Anda konsumsi, seperti es krim ataupun yoghurt.
  3. Hindari permen karet Jangan memakan permen karet dahulu saat Anda memakai behel. Permen karet yang lengket bisa menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Jika Anda memaksakan diri untuk tetap memakannya, maka malah merepotkan diri sendiri.
  4. Hindari mengonsumsi gula berlebih Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut bisa menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.
  5. Menggunakan gigi belakang saat mengunyah Alangkah baiknya untuk menggunakan gigi bagian belakang saja saat Anda mengunyah makanan yang agak keras. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menghancurkan makanan tersebut.
  6. Menggosok gigi dengan rajin Ketika menggunakan behel akan lebih baik jika Anda menggosok gigi sesering mungkin, misalnya tiga sampai empat kali dalam sehari. Selain menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Tambahkan satu sendok makan air garam pada air untuk berkumur.
  7. Rutin ke dokter gigi Anda juga disarankan untuk lebih rajin ke dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan gigi dan mulut Anda akan terjaga. (*/VD)

Ditulis Oleh : Pusat Remaja YASEMA

Pusat Remaja YASEMA Terimakasih atas kunjungan sobat pada blog ini. Komentar tentang Tips Merawat Kesehatan Gigi Yang Berbehel dapat sobat sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Sobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Berbagi itu bagian dari Ibadah :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))