Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex    

Penyebab Terlambat Haid Pada Anak Remaja

Silahkan Klik dulu tombol disamping ini :
Penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja putri perlu untuk bunda ketahui terutama jika remaja putri bunda sudah mencapai usia 16 tahun ke atas tetapi belum mendapatkan haid pertamanya. Mengapa bunda harus kuatir dengan kondisi tersebut? Karena usia ideal untuk seorang remaja putri mendapatkan haid pertamanya adalah antara 10 sampai 15 tahun, jika sampai usia 16 tahun ia masih belum mendapatkan haid pertamanya, maka bunda perlu berkonsultasi ke dokter untuk memeriksakan apakah ada kelainan atau hal-hal tertentu yang menghambat putri bunda mendapatkan haid pertamanya.

Ada banyak penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja yang bunda perlu ketahui. Memang pada beberapa remaja putri datangnya haid pertama lebih lama atau lebih terlambat daripada teman-teman sebayanya. Tetapi bunda perlu kuatir jika sampai umur 16 tahun sang putri masih belum juga haid. Berikut beberapa Penyebab Terlambat Haid Pada Anak Remaja :
  1. Imperforate Hymen (Imperforata Selaput Dara), Pada kasus ini, lubang selaput dara pada remaja putri bunda terlalu sempit sehingga tidak ada darah menstruasi yang keluar walaupun mungkin putri bunda tetap mengalami gejala menstruasi seperti biasa, yaitu nyeri di perut bagian bawah serta PMS.
  2. Adanya ketidaknormalan pada alat reproduksinya, Ketidaknormalan ini bisa bermacam-macam, misalnya adanya rahim ganda, rahim terlalu kecil, serviks yang sempit, kelainan pada vagina atau bahkan kemandulan. Untuk itu pelu dilakukan diagnosa oleh dokter agar mengetahui secara pasti apakah penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja bunda adalah karena adanya ketidaknormalan pada alat reproduksinya.
  3. Kelainan Genetik
  4. Adanya penyakit kronis yang dideritanya
  5. Berat badan kurang. Pada kondisi tertentu, memiliki berat badan di bawah berat normal bisa menjadi penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja

Untuk mengetahui secara pasti apa penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja bunda, sebaiknya mengunjungi dokter kandungan untuk pemeriksaan yang lebih intensif. Makin dini diketahui penyebabnya, maka kemungkinan pengobatan untuk berhasil makin besar. 
Semoga informasi mengenai Penyebab Terlambat Haid Pada Anak Remaja di atas dapat membantu para bunda yang memilki remaja putri di rumah untuk lebih waspada.


Sumber : artikel sehat

Ditulis Oleh : Pusat Remaja YASEMA

Pusat Remaja YASEMA Terimakasih atas kunjungan sobat pada blog ini. Komentar tentang Penyebab Terlambat Haid Pada Anak Remaja dapat sobat sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Sobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Berbagi itu bagian dari Ibadah :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))