Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex    

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Silahkan Klik dulu tombol disamping ini :
Menstruasi tidak lancar sudah menjadi persoalan yang banyak dikeluhkan wanita. Menstruasi tidak lancar ini terkait erat dengan siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang paling banyak dialami wanita adalah 28 hari per periode menstruasi. Variasi siklus menstruasi ini bisa terjadi antara 21 hari sampai 35 hari.

Namun, kenyataannya, banyak wanita yang mengalami siklus menstruasi di luar 21 sampai 35 hari ini. Mereka memiliki siklus menstruasi tidak lancar, tanpa pola yang tetap. Misalnya, pada bulan ini siklus menstruasi mereka 35 sampai 40 hari, tetapi pada bulan selanjutnya bisa tidak menstruasi selama 2 bulan. Sebaliknya, ada juga yang dalam 1 bulan mengalami menstruasi lebih dari 1 kali. Misalnya, pada bulan Januari mengalami menstruasi di tanggal 8, kemudian pada tanggal 23 di bulan yang sama menstruasi kembali. Bila Anda sering mengalami menstruasi yang tidak mengikuti pola yang tetap seperti ini, Anda berarti mengalami menstruasi tidak lancar.

Apa penyebab menstruasi tidak lancar? Berdasarkan kajian ahli obstetri dan ginekologi, penyebab menstruasi tidak lancar adalah:
  1. Stres. Stres menjadi penyebab menstruasi tidak lancar karena ketika stres produksi beberapa hormon yang berkaitan dengan kelancaran menstruasi menjadi berkurang. Stres juga menyebabkan metabolisme tubuh terganggu sehingga menstruasi pun terganggu pula.
  2. Terlalu gemuk atau terlalu kurus. Penyebab menstruasi tidak lancar ini karena wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus akan mengalami kondisi di mana otaknya tidak bisa merangsang munculnya hormon-hormon yang diperlukan untuk perkembangan indung telur.
  3. Menyusui. Ibu yang menyusui anaknya sering kali mengalami menstruasi tidak lancar. Penyebab menstruasi tidak lancar ini karena pada ibu menyusui produksi hormon yang menekan kesuburan cukup tinggi. Tapi, hal ini bagus untuk si ibu memelihara dan memulihkan organ reproduksinya pasca melahirkan.

Bagaimana penanganan menstruasi tidak lancar? Terkait dengan penyebab-penyebab di atas, maka penanganan menstruasi tidak lancar yang bisa dilakukan ialah:
  1. Hindari stres. Penanganan menstruasi tidak lancar untuk hal ini dilakukan dengan rileks dan santai dalam menjalankan hidup. Terimalah apa yang terjadi dalam hidup ini dengan lapang dada, tanpa melupakan segala target dan prestasi yang ingin kita capai. Biasakan untuk tidak begadang karena manusia adalah makhluk siang dan malam hari adalah kesempatan untuk beristirahat.
  2. Rajinlah berolahraga. Rajin berolahraga bisa dilakukan untuk penanganan menstruasi tidak lancar karena berolahraga bisa membakar lemak sehingga dapat menurunkan berat tubuh. Untuk yang tubuhnya terlalu kurus, mengubah pola makan dengan memperbanyak makan makanan yang bisa menaikkan bobot tubuh juga dianjurkan.
  3. Seimbangkan pola makan. Penanganan menstruasi tidak lancar ini dilakukan untuk mendukung kegiatan menyusui Anda. Perbanyak makan sayur dan buah, di samping karbohidrat.

Ditulis Oleh : Pusat Remaja YASEMA

Pusat Remaja YASEMA Terimakasih atas kunjungan sobat pada blog ini. Komentar tentang Penyebab Menstruasi Tidak Lancar dapat sobat sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Sobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Berbagi itu bagian dari Ibadah :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))